29/08/15

Kelebihan dan Kekurangan dari E-Business

Kelebihan dan Kekurangan dari E-Business - E-Business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi, atau/dan peningkatan produktivitas dan profit. Dengan mempraktekkan e-business, maka kita akan dihadapkan pada keunggulan dan kelemahannya.
Keunggulan atau Kelebihan dari E-Business yaitu Sebagai Berikut :
  • Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,
  • Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas,
  • Meningkatkan efisiensi perusahaan,
  • Mempermudah pengelolaan aset perusahaan,
  • Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan,
  • Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder,
  • Mengatasi kesenjangan digital,
  • Media mempromosikan kompetensi perusahaan,
  • Memperlancar kegiatan ekonomi,
  • Memperlancar transaksi bisnis,
  • Sarana penyebaran informasi secara luas

Sedangkan Kelemahan atau Kekurangan dari E-Business adalah Sebagai Berikut :
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguanyang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-tekis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor, seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berudaha menjatuhkan reputasi daripada perusahaan tersebut.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalnya pembobolan sistem perbankan oleh seorang hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan secara sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

Dengan adanya efek-efek tersebut, akan mengakibatkan seberapa besar keberhasilah dari proses e-Bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Namun, ada pula perusahaan yang menderita kegagalan dari proses e-Bisnis yang ditekuninya. 
Kelebihan dan Kekurangan dari E-Business_
image source: www.galetechsolutions.com
Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan e-Business
  • Tidak adanya komitmen yang utuh dari manajemen puncak
  • Penerapan e-Bisnis tidak diikuti proses change management
  • Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis
  • Buruknya infrastruktur komunikasi
  • Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan
  • Adanya masalah keamanan dalam bertransaksi
  • Kurangnya dukungan financial
  • Belum adanya peraturan yang mendukung dan melindungi pihak-pihak yang bertransaksi (cyberlaw)
  • Menggunakan target jangka pendek sebagai pijakan investasi e-bisnis

Manfaat E-Business
  1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). 
  3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  4. Melebarkan jangkauan (global reach).
  5. Meningkatkan customer loyality.
  6. Memperpendek waktu produksi.
  7. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

Proses transaksi on-line memegang peranan yang sangat penting pada e-business (e-commerce). Yang termasuk proses transaksi on-line adalah :
  1. Data entry
  2. Transaction processing
  3. Database maintenance
  4. Document and report generation
  5. Inquiry processing

Contoh : Paypal adalah suatu perusahaan e-commerce jasa pembayaran dan transfer uang melalui internet. PayPal melakukan pemprosesan pembayaran untuk penjualan online, atau sekedar transfer dana, dengan mengenakan fee tertentu. Pentransferan adalah langsung dan sangat aman. (www.paypal.com)

E-BUSINESS dibagi menjadi 4 bagian :

1. Customer Relationship Management (CRM)
Sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi : Sales, pemasaran, data-data penjualan dan pelayanan, anggapan dari konsumen.

2. Enterprise Resource Planning (ERP)
Sistem informasi pendukung e-business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut hubungan dalam-internal perusahaan tersebut, yang meliputi : Production planning, integrated logistics, Accounting and Finance, Human Resource, Sales and distribution, order management.

3. Enterprise Aplication Program (EAI)
Merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.

4. Supply Chain Management (SCM)
Manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.


Related Posts

Kelebihan dan Kekurangan dari E-Business
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email